by

Terkait GIM, Kemendikbud dan Forum Taman Bacaan Masyarakat Sulut Audiensi Dengan Pemda Bolmut

bolmut.perdananews.com|Audiensi Forum Taman Bacaan Masyarakat Sulut bersama Tim Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Bidang Budaya Baca, dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berlangsung Kamis (20/5).

Agenda audiensi tersebut sehubungan dengan terpilihnya  Kabupaten Bolmut sebagai lokasi pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Menurut Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Sulawesi Utara, Faradila Bachmid yang juga sebagai Duta Baca Sulawesi Utara bahwa dari 34 Provinsi hanya 10 Provinsi yg mendapat kesempatan ini, dan salah satu diantaranya adalah Kabupaten Bolmut.

Dirinya juga mengungkapkan Salah satu alasan Forum Taman Bacaan Masyarakat Sulawesi Utara mengusulkan Kabupaten Bolmut sebagai Lokasi Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) kepada Kemendikbud bukan tanpa alasan. Namun melihat semangat generasi muda sebagai motor penggerak literasi di kabupaten ini hidup dan hadir untuk masyarakat.

Baca juga: Kemendikbud Tinjau Kesiapan Pencanangan Kampung Literasi di Bintauna

“Salah satunya adalah teman-teman pegiat literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) TERAS INOMASA. Mereka melakukan kegiatan demi kegiatan literasi seperti membuat kelas menulis dari 1 komunitas ke komunitas lainya. Dari satu sekolah ke sekolah lainnya,  dan semua dilakukan dengan cara swadaya mereka sendiri. Anak-anak muda seperti mereka yang perlu diberi dukungan penuh, karena mereka memiliki potensi untuk memajukan daerahnya” ucap Faradila penuh apresiasi.

“Dengan kompetensi mereka sehingga mereka sering diajak kerjasama dalam sebuah kegiatan-kegiatan budaya. Salah satu menulis kamus bahasa Bintauna bersama Balai Bahasa Sulut. Selain itu mereka juga saat ini sedang merancang penelitian untuk lokasi jejak sejarah bersama badan akreologi” sambung Faradila.

Dalam kesempatan tersebut juga, dirinya sangat berterimakasih kepada Pemkab Bolmut yang sudah memberi dukungan penuh untuk pencanangan GIM dan Kampung Literasi. Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Direktorat PMPK yang telah memberikan kesempatan untuk menjalankan program ini.

“Terima kasih tak terhingga untuk Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat PMPK dalam hal ini Dr. Untung M.Pd. Yang telah memberi kesempatan untuk kabupaten perbatasan Sulut-Gorontalo mendapatkan sebuah apresiasi luar biasa untuk bisa menjalankan program khusus tersebut” tutupnya.

(Asriadi/rls/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS