by

PUSSAKABin-ISC dan Teras Inomasa Gelar Pameran Literasi dan Diskusi Kebudayaan

bolmut.perdananews.com|Para pemuda Bintauna yang tergabung dalam Pusat Studi Sejarah Adat dan Kebudayaan Bintauna-Inomasa Studi Club (PUSSAKABin-ISC)  dan Taman Baca Masyarakat  (TBM) Teras Inomasa menggelar kegiatan pameran  literasi dan diskusi kebudayaan, Jumat (23/04).

Bertempat di caffe Tampa Noengki Kelurahan Bintauna,  kegiatan tersebut mengusung tema “Membaca Kembali Bintauna-Perspektif Sejarah dan Budaya”. Kegiatan tersebut oleh penyelenggara dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang literasi khususnya kebudayaan dan sejarah local.

“Kami ingin mengenalkan dan lebih memasifkan gerakan literasi di Bolaang Mongondow Utara, khususnya Bintauna. Terlebih konten yang mengangkat lokalitas” Ujar Farid Mamonto, Ketua TBM Teras Inomasa.

Baca Juga: Kendala Logistik, Pencarian Nelayan Hilang Dihentikan

Dalam kesempatan yang sama, PUSSAKABin-ISC sebagai lembaga khusus dibawah organisasi Inomasa Studi Club (ISC) melalui koordinatornya mengungkapkan, bahwa kegiatan seperti ini tidak lain untuk mengangkat kembali Bintauna yang juga punya sejarah dan budayanya sendiri.

“Bintauna sebagai eks swapraja sebenarnya memiliki sejarah dan budaya sendiri, namun beberapa tahun belakangan tidak nampak lagi ke permukaan. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar kegiatan ini, untuk mengangkat narasi Bintauna sebagai pengetahuan” terang Ryan Laures Tabo.

Kegiatan yang dikemas dengan buka puasa bersama ini dihadiri para tetua Bintauna, tokoh adat-masyarakat, juga pemuda pegiat literasi dan kebudayaan. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan launching untuk website menulis bernama Teras Inomasa.online.

(Asriadi/Rls/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS