by

Transparan, Pemdes Bunia Umumkan APBdes

bolmut.perdananews.com|Pemerintah Desa (Pemdes) Bunia berkomitmen penuh dalam hal transparansi pengelolaan Keuangan Desa. Untuk itulah, dalam rangka memenuhi komitmen tersebut pemerintah Desa Bunia melalui Bendahara Desa mengumumkan Infografik Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes) tahun 2021, Rabu (21/4).

Melalui pengumuman Infografik APBDes ini, pemerintah desa berharap adanya keterlibatan dari masyarakat dalam perealisasian dari anggaran yang sudah ditata tersebut.

“Dana ini milik seluruh masyarakat desa, maka pengelolaannya harus dengan cara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat berhak mengetahui dari mana asal anggaran dan untuk apa saja peruntukannya” terang Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa Bunia, Ladjuma Lawe, S.HI.

Berikut ini infografik Apdes Desa Bunia sebagaimana rilis resmi yang diumumkan:

Pendapatan transfer dari pusat sejumlah Rp. 1.122.148.360 (Satu milyar seratus dua puluh dua juta seratus empat puluh delapan ribu tiga ratus enam puluh Rupiah.

Baca Juga: Terjatuh Saat Melaut, Nelayan Dinyatakan Hilang

Adapun pendapatan tersebut berasal dari pos anggaran Alokasi Dana Desa sejumlah Rp. 335.910.738 (tiga ratus tiga puluh lima juta Sembilan ratus sepuluh ribu tujuh ratus tiga puluh delapan Rupiah).

Dana Desa sejumlah Rp. 766.102.000 (tujuh ratus enam puluh enam juta seratus dua ribu rupiah).

Bagi hasil pajak dan retribusi Rp. 8.335.622 (delapan juta tiga ratus tiga puluh lima ribu enam ratus dua puluh dua rupiah).

Bantuan keuangan Kabupaten Kota Rp. 10.000.000 (Sepuluh juta Rupiah), dan pendapatan lain-lain sejumlah Rp.1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah).

Dari pos anggaran tersebut, secara rinci peruntukannya terdiri atas sejumlah kegiatan prioritas yang telah ditetapkan setelah menerima usulan dari masyarakat. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Bidang pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Desa dengan jumlah total Rp. 230.067.359 (dua ratus tiga puluh juta enam puluh tujuh ribu tiga ratus lima puluh Sembilan rupiah). Sementara itu untuk Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa Rp. 324.146.500 (Tiga ratus dua puluh empat juta seratus empat puluh enam ribu lima ratus Rupiah).

Selain itu, untuk Bidang Pembinaan Kemasyarakatan jumlah anggaran yang ditetapkan sejumlah Rp. 149.255.500 (seratus empat puluh sembilan juta dua ratus lima puluh lima ribu lima ratus Rupiah). Juga untuk Bidang Penanggulangan Bencana dan Mendesak Desa sejumlah Rp. 424.400.000 (Empat ratus dua puluh delapan juta empat ratus ribu Rupiah).

Dengan demikian, dari jumlah transfer dana yang masuk ke kas keuangan desa dan jumlah rencana penggunaan anggaran, terdapat defisit anggaran  sejumlah Rp. 9.720.999 (Sembilan Juta tujuh ratus dua puluh ribu Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan Rupiah).

Dengan diumumkannya infografik Apdes ini,  dirinya (PJS Kepala Desa) berharap program-program yang ditujukan untuk masyarakat dapat berjalan lancar serta komprehensif.

(Asriadi/Rls/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS