by

Genjot Launching Kamus Bahasa Vintauna, ISC Gandeng Balai Bahasa Provinsi

bolmut.perdananews.com|Dalam rangka memantapkan penyusunan kamus bahasa Bintauna, Inomasa Study Club (ISC) gelar Pelatihan Penyusunan Kamus Bahasa Daerah (18-19/2).

Mengusung tema yang bertajuk (ISC Berkarya Untuk Tanah Leluhur “Meneguhkan Warisan Peradaban Bintauna”). Pelatihan penyusunan kamus ini merupakan kerja sama ISC dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan segala keterbatasannya, gelaran kegiatan ini berjalan dengan sukses. Pelaksanaannya sendiri dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom meeting.

Baca Juga: Respon aspirasi, Komisi III dprd bolmut tinjau lokasi bencana bencana di Sangkub

Meski demikian, menurut Veronica Van Gobel sebagai ketua ISC, keterbatasan yang dimiliki tidak menyurutkan semangat kami untuk memberi.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari pemenuhan program kerja kami. Ini merupakan langkah kedua yang dilakukan, Dimana 2018 lalu telah melakukan seminar kosa-kata kamus bahasa daerah (Bintauna). Meski dalam segala keterbatasan mulai dari anggaran hingga kuantitas peserta dari segi kualitas saya bisa menjamin bahwa kegiatan ini dilaksanakan “ungkap Veronica.

“Mewujudkan apa yang telah menjadi cita-cita ISC sejak awal, menerbitkan kamus bahasa daerah. Melalui ini, kami ingin meneguhkan bahwa kaum muda juga bisa jadi untuk negeri Bintauna khususnya dan Bolmut pada umumnya” sambung Veronica.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memantapkan kerja panitia yang tergabung dalam PUSSAKABIN (Pusat Studi Sejarah Adat dan Kebudayaan Bintauna) sebagai lembaga khusus bentukan ISC, dalam menyusun kamus bahasa daerah “tutupnya.

Sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan, ISC juga akan melakukan Pemetaan Digital Makam Raja Bintauna. Pemetaan itu sendiri akan dimulai dari Raa Minanga sampai ke Pimpi pada akhir kegiatan tanggal 21 Februari mendatang.

(Asriadi/rls/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS