by

Respon aspirasi, Komisi III dprd bolmut tinjau lokasi rawan bencana di Sangkub

bolmut.perdananews.com|Komisi III DPRD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tinjau sejumlah lokasi rawan bencana di Kecamatan Sangkub, Senin (15/2).

Dipimpin langsung ketua komisi III Sartono Dotinggulo, rombongan yang terdiri dari Galib Moh. Pangko, Aktrida Indah Datunsolang, Suriansyah Korompot dan Moh. Abdul Rafiq Pagau, menuju desa Pangkusa dan desa Sampiro.

Peninjauan lokasi di kecamatan Sangkub ini merupakan respon atas aspirasi yang disampaikan masyarakat saat pelaksanaan reses dapil III.

Di Pangkusa, rombongan meninjau langsung lokasi sungai ilanga yang menjadi sumber aliran air bendungan sangkub. Dalam aspirasi masyarakat sebelumnya, mereka meminta pemindahan aliran sungai ilanga.



Usulan pemindahan aliran sungai ini disebabkan karena jika hujan air dari sungai tersebut menjadi meluap. Kondisi ini menjadi ancaman bagi masyarakat desa Pangkusa yang bermukim dibawah bendungan.

Baca juga: Penemuan Bayi Dalam Tas Kresek Di Biontong

Selain itu, rombongan juga mengunjungi aliran sungai Pangkusa yang melewati kompleks pemukiman warga. Di sungai pangkusa, rombongan menemukan kondisi pendangkalan sungai yang jika hujan menyebabkan aliran airnya meluap hingga kedalam rumah warga.

Dalam keteranggannya, ketua komisi III Sartono Dotinggulo menyatakan bahwa kondisi yang terjadi di Pangkusa ini membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

“Hasil dari tinjauan ini akan segera kami tindak lanjuti, besok kita undang-undang terkait. Karena ini pasti pusat melalui Balai Sungai Profinsi maka kami akan sampaikan ini langsung ke pihak Balai Sungai” kata Dotinggulo.

Pada kesempatan yang sama, Suriansyah Korompot menyampaikan bahwa normalisasi sungai Pangkusa menjadi prioritas yang kedekatan.

“Ini harus melindungi, jika tidak ancamannya akan banyak rumah yang hanyut akibat erosi sungai. Jika nanti pengerjaan bisa direalisasikan alangkah baik jalur sungainnya dibuat lurus pengukuran aliran airnya tidak kena rumah warga” terang Suriansyah.



Erna Suyati, sebagai Kepala Desa merasa sangat bersyukir dengan kunjungan dari komisi III ini. Dirinya juga berharap dengan tinjauan langsung ini akan menghasilkan realisasi yang diharapkan.

Di Sampiro sebagai lokasi tinjauan kedua, rombongan diterima langsung Kepala Desa Sampiro. Dilokasi ini rombongan menijau langsung pantai, menurut Kepala Desa jika air sedang pasang, air laut sudah sampai ke halaman rumah warga.

“Kalau kondisi air pasang naik, ombak biasanya sampai ke halaman rumah warga, itu saja yang sebelah ada plat duicker sudah hancur karna ombak” kata Kepala Desa.

Dirinya berharap segera ada penanganan yang direalisasikan. Semoga bisa terrealisasi, ini lalu pemenang tender untuk penanganan abrasinya sudah ada tapi tidak jadi, saya juga kurang tahu karena apa, ”ujar Kepala Desa Andreas Demor.


Dilokasi yang sama, Galib Moh. Pangko yang juga perwakilan legislator dapil III ini juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kedua desa karena telah mendampingi rombongan.

Dirinya juga berharap aspirasi ini bisa direalisasikan “Kami turun karna laporan masyarakat dan pemerintah desa. Alhamdulillah respon mereka sangat baik, harapannya bisa di kawal sampai bisa terealisasi. Proses pengawalan aspirasi ini semoga menjadi angin segar bagi masyarakat kecamatan sangkub sehinga apa yg dikeluhkan tidak selalu berulang disampaikan “ujar Galib penuh harap.

(Asriadi/rls/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS