by

Dinkes Bolmut & PMI Peduli Bencana Manado

bolmut.perdananews.com|Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Manado beberapa waktu lalu menyisahkan duka bagi warga terdampak. Meski kini mulai surut dan masyarakat mulai beraktivitas, namun efek pasca bencana masih dirasakan masyarakat. Sejumlah masyarakat mengeluhkan masalah kesehatan.

Merasa terpanggil dengan kondisi tersebut, Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Tim PSC 119 dan PMI, menuju Manado tanggal 25 Januari 2021 pukul 16.00 wita utk memberikan bantuan pelayanan kesehatan pada masyarakat korban di daerah bencana banjir dan longsor di kota Manado.

Baca Juga: Reses Dapil III, Warga Soroti Saluran Irigasi

Dibawah pimpinan langsung Kepala Dinas Kesehatan Bolmut Dr. Jusnan C Mokoginta. MARS. Tanggal 25 Januari 2021 Tim Dinkes Bolmut menuju Manado, dengan jumlah personil 17 orang. Terdiri dari Kepala Bidang pelayanan Kesehatan, kasie Yankes, kasie Farmalkes, Tim medis 2 org, Perawat 5 orang, Asisten Apoteker 3 Org, Driver 3 org, tenaga Admin 1 org dan Armada 3 unit menuju Dinkes kota Manado.

Tim PSC 119 Dinkes Yankes BOLMUT dan PMI di terima langsung Oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Kepala Bidang Yankes Dokter Joy. Pukul 08.00 Wita Selanjutnya menuju salah satu kelurahan yang menjadi Lokus pelayanan pasca bencana yaitu Kelurahan Mahau dan Tuminting secara gratis.

Tiba di lokasi 09.12 Wita di terima oleh Lurah Mahau Bapak Sidik Moha,SE dan Ibu kepala Puskesmas Tuminting Dokter Ivon. Kegiatan Pelayanan Mulai Pukul 09.42 wita berlangsung smpai Pukul. 12.45 Wita.

Dari laporan Tim melalui siaran pers, pasien paling banyak berobat yaitu balita dan lansia pada saat pemeriksaan. Dengan jumlah Pasien yg di layani, 55 Pasien Anak-anak 18 pasien, Dewasa 35 pasien.

Paling banyak Keluhan yang di Diagnosa oleh Dokter ;
1. Dermatitis 21 org
2. ISPA. 14 org
3. Mialgia 7
4. Hipertensi 6
5. Diare 4
6. Cepalgia 3

Setelah selesai melakukan pelayanan kesehatan tersebut, Pukul 13.00 Wita Tim mengambil waktu untuk istirahat. Selajutnya menuju Dinas Kesehatan Provinsi guna berkoordinasi terkait sistem pelayanan. Untuk selanjutnya tanggal 26 Januari kembali ke kabupaten Bolmut.

(Asriadi/rls/http://perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS