by

Balai Arkeologi Sulut Kunjungi Jere Raja Bintauna

bolmut.perdananews.com|Balai Arkeologi Sulawesi Utara (Sulut) kunjungi kompleks pekuburan Jere Raja Bintauna, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kunjungan tersebut terkait penelitian terhadap keberadaan beberapa situs bersejarah di Bolmut.

Lawatan ke situs pekuburan tersebut merupakan kali kedua dari Balai Arkeologi Sulut. Sebelumnya, penelitian serupa berlokasi di kompleks pekuburan raja Kaidipang Besar pada tahun 2012.

Menurut Irna Saptaningrum, M. Hum, salah satu peneliti Balai Arkeologi, kepada media ini (13/12), data-data yang diperoleh pada kunjungan tersebut masih akan didalami terkait berbagai macam potensi yang ada.

“Yang pastinya ini kan baru penjajakan, dalam artian bahwa kita mau melihat potensi dari peninggalan arkeologis yang ada di Bolmut” ujar Saptaningrum.

Dari pernyataannya, keberadaan dari situs-situs peninggalan yang dikunjungi keadaannya tidak terawat (terabaikan/red).
“Keberadaan kubur-kubur raja itu, relatif kalau kami lihat tidak terpelihara”.

Dirinya berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah terkait keberadaan peninggalan-peninggalan tersebut. “Sayang nanti kalau tidak dijaga, kami berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah” ujar Saptaningrum.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga ditemukan sejumlah keramik dan tembikar. Menurut Saptaningrum sebagai bukti adanya pemukiman disekitar kompleks pekuburan tersebut.

Turut serta sebagai guide dalam penelitian tersebut para pemerhati sejarah dan budaya Bintauna yang tergabung dalam Pusat Studi Sejarah, Adat dan Kebudayaan Bintauna (PUSSAKABin).

(Asriadi/bolmut.perdananews.com/perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS