by

Balai Bahasa Gelar Konservasi Bahasa Di Bintauna


bolmut.perdananews.com|Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lakukan Konservasi Bahasa daerah di Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) (19/10).

Agenda kegiatan ini melibatkan dua orang perwakilan Aliansi Adat Bintauna, Ibrahim Paulus dan Sapdin R Tombinawa serta Rian Laurestabo mewakili Pusat Studi Sejarah Adat dan Kebudayaan Bintauna (PUSSAKABin) sebagai narasumber.

Balai Bahasa Provinsi Sulut kali ini menurunkan peneliti yakni Febi Aditya Kurniawan dan Diah Erta Damayanti.

Kepada awak media, Diah Erta Damayanti menjelaskan bahwa agenda ini merupakan program Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Bahasa Indonesia.

Baca juga: Porang, Budidaya “Emas” Baru lahan Perkebunan

“Kegiatan ini sehubungan dengan pengusulan 1000 kosa kata bahasa daerah kedalam KBBI pertahunnya. Agenda konservasi ini memang sudah menjadi program Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Bahasa Indonesia” Ungkap Damayanti.

“Dari target seribu kosa kata, kita saat ini sudah hampir rampung untuk Bahasa Bintauna” sambung Damayanti.

Dirinya juga berharap kedepannya agenda kegiatan seperti ini akan tetap dilakukan, untuk menjaga kelestarian penutur bahasa daerah.

“Harapan saya semoga kerja sama ini akan terus berjalan. Sebab jika upaya-upaya seperti ini tidak lagi dilakukan ancamannya kita akan kehilangan penutur bahasa daerah” ucapnya penuh harap.

“Saya sangat bersyukur di Bintauna masih ada pemuda seperti mas Rian dan dua orang narasumber, yang masih perduli dengan hal seperti ini” tutupnya mengapresiasi.

(Asriadi/Rls/bolmut.perdananews.com/http://perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS