by

Panwaslu Kecamatan Bintauna Gelar Sosialisasi

bolmut.perdananews.com|Panwaslu kecamatan Bintauna gelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2020, Sabtu (19/9).

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini berasal dari pemilih pemula dan perwakilan Aparat Desa, ASN, dan organisasi pemuda se-kecamatan Bintauna. Materi sosialisasi disampaikan oleh Dr. Jerry Wuisang, S.Pd, MM.

Menurut ketua Panwaslu Bintauna, Iswandi Binolombangan, sosialisasi tersebut sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi pelanggaran Pemilu Kepala Daerah.

Baca juga: Syaikh Ali Jaber ditusuk Orang tak dikenal

“Sosialisasi kali ini tentang berbagai potensi pelanggaran, melakukan tindakan, langkah-langkah untuk mencegah secara dini potensi pelanggaran”. Ungkap ketua panwaslu kecamatan Bintauna.

Lebih lanjut, Binolombangan menjelaskan bahwa Pencegahan dini terhadap pelanggaran dimaksud terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa dan Aparat Desa.

“Adanya tuntutan agar ASN bersikap netral merupakan amanat Undang-Undang yang berlaku. Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 5 tahun 2014. Peraturan pemerintah No. 42 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik ASN. Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN, yang pada poinnya menegaskan bahwa ASN dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis dalam kontestasi Pilkada” jelas Binolombangan.

Dirinya berharap kepada peserta untuk dapat berkontribusi aktif dalam upaya-pengawasan sebagai jaminan terciptanya suasana demokrasi yang sehat.

Dalam sosialisasi tersebut, juga dibacakan ikrar deklarasi Pilkada Damai. Deklarasi ini sebagai kesepakatan bersama pencegahan Korupsi politik, dengan cara lawan politik uang, serta politisasi SARA dalam Pilgub Sulut 2020.

(Asriadi/Rls/bolmut.perdananews.com/http://perdananews.com)






Comment

PERDANANEWS