by

Panwaslu Sangkub gelar Sosialisasi Pilgub

bolmut.perdananews.com|Panwaslu kecamatan Sangkub gelar Sosialisasi pemilihan umum pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2020, minggu (13/9).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Sangkub, Tokoh agama, Tokoh Adat, para Kepala Desa se-kecamatan Sangkub serta organisasi dan perwakilan partai politik.

Menurut ketua Panwaslu Sangkub, Ashabul Yamin Mamonto. Sosialisasi tersebut sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi pelanggaran Pemilu Kepala Daerah.

“Diantara yang kami sampaikan yakni tentang berbagai potensi pelanggaran, melakukan tindakan, langkah-langkah untuk mencegah secara dini potensi pelanggaran”. Ungkap ketua panwaslu kecamatan Sangkub.

Baca juga: Mubes KT Bunia Hasilkan Nahkoda Baru

Lebih lanjut, Mamonto menjelaskan bahwa Pencegahan dini terhadap pelanggaran dimaksud terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa dan Aparat Desa.

“Adanya tuntutan agar ASN bersikap netral merupakan amanat Undang-Undang yang berlaku. Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 5 tahun 2014. Peraturan pemerintah No. 42 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik ASN. Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN, menegaskan bahwa ASN dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis dalam kontestasi Pilkada, Pileg dan Pilpres” jelas Mamonto.

Dirinya berharap kepada para Kepala Desa agar dapat menjadi influencer kepada masyarakat, untuk dapat bekerja sama dalam mengawasi Pilkada 2020.

Dalam sosialisasi tersebut, juga dibacakan ikrar deklarasi Pilkada Damai. Deklarasi ini sebagai kesepakatan bersama pencegahan Korupsi politik, dengan cara lawan politik uang, serta politisasi SARA dalam Pilgub Sulut 2020.

(Asriadi/Rls/bolmut.perdananews.com/http://perdananews.com)

Comment

PERDANANEWS